Thursday, July 22, 2010

Produk Halal Tanggungjawab Bersama - Irian Jaya

Geliat dakwah di bumi Nuu Waar (Papua) terus meningkat. Sayang, sarana pendukung masih terasa kurang. Salah satunya masjid yang digunakan sebagai pusat ibadah. Guna membantu sarana ibadah kaum Muslim di Nuu Waar, Herba Penawar Al-Wahida (HPA) Malaysia akhir pekan lalu menyumbangkan kubah masjid untuk beberapa wilayah di Papua.

“Selama 10 hari di Fakfak, Papua Barat, kami melaksanakan berbagai hal, salah satunya adalah mengirim kubah yang ukurannya cukup besar dari satu daerah ke daerah lain, di sana kita sampai ke daerah Arguni. Arguni itu ditempuh dari Fakfak melalui laut dalam waktu empat jam,” ungkap Tata Saputra, pimpinan HPA Malaysia untuk Indonesia.

HPA Malaysia, menurut Tata, terpanggil untuk membantu kegiatan dakwah yang berlangsung di Papua. Karena itu, HPA Malaysia berusaha membantu apa yang diperlukan warga Muslim di sana.

“Kita membantu keinginan masyarakat Muslim di Papua. Ketika mereka memiliki kebanggaan untuk membangun masjid, mereka pun meminta kepada kami untuk mengirimkan kubah. Maka, kami kirimkan,” tuturnya. 


Tak hanya mengirimkan bantuan kubah masjid, HPA Malaysia juga memberikan bantuan kapal dakwah yang diberi nama Kapal Bahtera Nusantara. Saat ini, kapal tersebut sudah dimanfaatkan umat Muslim Papua untuk kegiatan dakwah.

Selain itu, HPA Malaysia juga memberikan beasiswa kepada 10 santri asal Papua untuk belajar thibbun nabawi (Pengobatan Cara Rasulullah SAW) selama beberapa bulan di Institut Teknologi Internasional HPA Malaysia.

“Keilmuan yang kita miliki bukanlah untuk keilmuan itu sendirim tapi untuk membangun umat. Tujuan dari 10 orang yang dikirim ke Malaysia, mereka belajar thibbun nabawi dalam ranka kita ingin menyebarluaskan sebuah sunah yang sangat mulia yang Rasulullah SAW ajarkan kepada kita,m agar diserap mereka di Papua,” ujar Tata.


Selain itu HPA juga menggelar khitanan massal serta kegiatan bakti sosial di sejumlah tempat berupa pengobatan dengan cara Rasulullah SAW. “Kita pun mengdakan bakti sosial di beberapa wilayah di sana disebut distrik, yakni wilayah Arguni, kita juga masuk ke Migori dan pada akhir Juli insya Allah, kita akan masuk ke wilayah Wagom. Semua itu, bertujuan untuk memperkenalkan ilmu demi membangun umat,” ungkapnya.***
(Dialog Jumat Republika, Jum’at 18 Juni 2010)

Petikan dari : http://dakwahafkn.wordpress.com/2010/06/21/hpa-malaysia-sumbang-kubah-masjid-bagi-muslim-papua/

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Lensa eKPU